Kamis, Juli 25, 2024
Google search engine
BerandaKepriJasa Raharja Kepri Dukung Penuh Perwujudan Keselamatan Transportasi Jalan

Jasa Raharja Kepri Dukung Penuh Perwujudan Keselamatan Transportasi Jalan

Batam – Jasa Raharja Kepri turut serta dalam Sosialiasi Peran Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Mewujudkan Keselamatan Transportasi Jalan yang digelar oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Kepri pada hari Kamis, 30 Mei 2024 di Golden View Hotel, Bengkong, Kota Batam.

 

Sosialisasi ini dihadiri langsung oleh Direktorat Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan serta instansi-instansi penting lainnya seperti Ditlantas Polda Kepri, Pemko Batam, para Kepala Dinas Perhubungan setingkat Kota/Kabupaten, Organda, Perum Damri, Jasa Raharja, serta sejumlah pemilik perusahaan otobus dan dealer.

 

Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Suharto, dalam paparannya menyoroti persyaratan administrasi maupun fisik untuk tiap angkutan umum maupun angkutan pariwisata. Perizinan dan kelayakan kendaraan menjadi faktor penting dalam keselamatan penumpang angkutan.

 

“Kami mengumpulkan kepada para pengusaha (angkutan umum) yang ada di seluruh Indonesia, untuk bisa mencermati kembali proses perizinan yang harus dilakukan oleh mereka, baik yang berkaitan dengan masalah pengujian kendaraan bermotor maupun yang berkaitan dengan masalah kelengkapan administrasi perizinan. Kemudian kita bersama-sama dengan jajaran Kepolisian untuk melakukan penertiban terhadap operasional daripada angkutan yang beroperasi di jalan,” jelas Suharto.

 

Kota Batam yang memiliki kepadatan kendaraan dan aktivitas angkutan umum/pariwisata yang tinggi dibandingkan dengan Kota/Kabupaten lain yang ada di Provinsi Kepri, membuat Kota Batam menjadi fokus sosialisasi BPTD kali ini. Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, yang mewakili Pemko Batam pada kegiatan tersebut mengatakan kontribusi Pemko Batam dalam rangka mengurangi angka kecelakaan akan fokus pada hal edukasi.

 

“Pemerintah Kota Daerah terus berkonsultasi antara Dinas Perhubungan dengan Ditlantas Polda Kepri bagaimana mengurangi (angka kecelakaan) dengan melakukan pembinaan-pembinaan terhadap para armada, terutama angkutan barang dan orang, terutama kalau di Batam pariwisata kita. Disamping itu, dilakukan berbagai kegiatan yang sifatnya memberikan edukasi kepada armada yang ada di Kota Batam ini,” jelas Jefridin.

 

Peran serta instansi lainnya juga tidak dapat terpisahkan dari upaya keselamatan transportasi umum dan pariwisata di jalan, tidak terkecuali Jasa Raharja. Jasa Raharja dalam kesempatan tersebut juga memaparkan materi yang dibawakan langsung oleh Kepala Jasa Raharja Kepri, Wanda P. Asmoro. Tugas pokok dan fungsi Jasa Raharja menjadi pokok pembahasan serta upaya pencegahan kecelakaan yang dilakukan oleh Jasa Raharja.

 

“Kami dari Jasa Raharja setiap tahunnya mengupayakan untuk melakukan pencegahan kecelakaan, dari mulai pengadaan sarana pencegahan, mudik gratis, pelatihan penanganan gawat darurat, Jasa Raharja Goes to Campus, dan juga pemasangan papan rambu peringatan di sejumlah titik. Kami lakukan ini sebagai dampak terus meningkatnya realisasi penyerahan santunan kami setiap tahunnya, yang tercatat di Kepri tahun 2023 naik sebesar 25.98%,” jelas Wanda P. Asmoro. (*)

BERITA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

BERITA POPULER

uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat ev depolama ev eşyası depolama istanbul eşya depolama yurtdışı kargo uluslararası kargo firmaları uluslararası kargo taşımacılığı uluslararası ev taşıma uluslararası eşya taşımacılığı uluslararası ev taşıma uluslararası nakliyat uluslararası evden eve nakliyat